Pemilu Presiden Langsung Melahirkan Politik Kosmetik yang Mahal

Berita117 Dilihat

Rabu, 16 Agustus 2023 – 12:07 WIB

Jakarta – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, LaNyalla Mahmud Mattaliti mengatakan pemilihan umum presiden atau Pilpres secara langsung yang sekarang diadopsi dalam sistem politik di Indonesia, merupakan praktik demokrasi kosmetik berbiaya mahal dan merusak persatuan bangsa.

Baca Juga :

Di Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi Bicara Polusi Budaya, Apa Itu?

Demikian disampaikan LaNyalla saat menyampaikan pidato pengantar sidang bersama DPR-DPD RI tahun 2023, jelang peringatan HUT RI ke-78 di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023. 

LaNyalla menyerukan untuk menghentikan kontestasi politik yang semata-mata ingin sukses meraih kekuasaan dengan cara liberal. Karena telah menjadikan kehidupan bangsa kita kehilangan kehormatan, etika, rasa dan jiwa nasionalisme serta patriotisme. 

Baca Juga :

Jokowi: Kita Tidak Sedang Jalan Sore, Butuh Pemimpin Marathon untuk Capai Indonesia Emas

“Pemilihan Presiden secara langsung yang kita adopsi begitu saja, telah terbukti melahirkan politik kosmetik yang mahal dan merusak kohesi  bangsa. Karena batu uji yang kita jalankan dalam mencari pemimpin nasional adalah popularitas yang bisa di-fabrikasi,” kata LaNyalla

Begitu pula dengan elektabilitas calon yang bisa digiring melalui angka-angka survei. Lalu disebarluaskan oleh para buzzer di media sosial dengan narasi-narasi saling hujat atau puja-puji buta. “Dan pada akhirnya, rakyat  pemilih disodori oleh realita yang dibentuk sedemikian rupa,” ujarnya

Baca Juga :

Sidang Tahunan MPR, Jokowi ‘Curhat’ Kerap Diejek Planga-plongo

Menurutnya, Indonesia punya pekerjaan yang lebih besar, lebih penting dan lebih  mendesak, daripada disibukkan oleh hiruk-pikuk dan biaya mahal  demokrasi ala Barat. Indonesia harus menyiapkan diri menyongsong Indonesia Emas, dalam menghadapi ledakan demografi penduduk usia produktif. 

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *