Tak Banyak yang Bisa Dilakukan

Berita131 Dilihat

Senin, 14 Agustus 2023 – 08:08 WIB

Jakarta – Dibandingkan 2 bakal capres lainnya yakni Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo, elektabilitas Anies Baswedan cenderung tertinggal. Hampir seluruh survei memotret, elektabilitas Anies diurutan buncit, jauh di bawah 2 kompetitornya tersebut.

Baca Juga :

Golkar-PAN Merapat, Gerindra: Prabowo Simbol Solidarity Maker

Terbaru, hasil penelitian Laboratoriom Politik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), di Jawa Timur elektabilitas Anies kalah jauh dari Prabowo dan Ganjar. Bahkan jika head to head, Anies kalah dari keduanya dengan agregat elektabilitas yang jauh.

Salahudin, Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Malang

Salahudin, Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Malang

Baca Juga :

Sudirman Said Akui Partai Pengusung Anies Baswedan Berselisih soal Penentuan Cawapres

 

Baca Juga :

Ikuti Arahan Jokowi, PDIP dan PPP Jombang ‘Lari Maraton’ untuk Menangkan Ganjar Pranowo

Pengamat politik, Salahudin, menilai memang ada kekhawatiran  termasuk dari Nasdem terhadap elektabilitas Anies tersebut. 

“Elektabilitas Anies semakin merosot, semakin kalah jauh dari Prabowo dan Ganjar. Tidak banyak yang bisa dilakukan oleh Anies dan Nasdem untuk meningkatkan elektabilitasnya. Kecuali hadir pada forum terbatas di beberapa daerah yang merupakan basis Nasdem,” kata Salahudin, saat dihubungi, Senin 14 Agustus 2023.

Upaya dengan memberi panggung melalui media, dan berbagai kesempatan termasuk saat apel siaga beberapa waktu lalu, menurut Salahudin, tidak juga menunjukkan peningkatan yang positif. Justru yang mencuat belakangan, soal soliditas Koalisi Perubahan, yang terus digoncang kabar akan adanya partai yang menarik diri. Saat ini, Koalisi Perubahan digagas oleh Nasdem, PKS dan Partai Demokrat.

Sebab, jika salah satu partai memilih untuk keluar dan merapat ke poros lain, maka untuk mengusung Anies tidak bisa lagi. Sebab, gabungan partai yang tersisa tidak mencapai Presidential Threshold atau PT, ambang batas suara nasional untuk mengusung capres-cawapres.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *